15 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

15 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Hi, selamat siang di blog AUTOGOBLOOG , sesi kali ini akan menjelaskan tentang tips dan trik unik 15 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami simak selengkapnya

Photo Source: sundaymore.com

DokterSehat.Com – Komedo adalah penumpukan kotoran atas pori-pori kulit. Umumnya, bagian yang paling sering menjadi sasaran empuk adalah hidung dan sekitar mata. Tak jarang seseorang mencari berbagai kaidah buat menghilangkannya. Namun dini Anda menggunakan obat-obatan, terdapat cara basmi komedo ala alamiah yang bisa dicoba.

Jenis-Jenis Komedo

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kaidah basmi komedo ala alami, ada baiknya kita pahami dulu jenis-jenis komedo. Ini akan membantu Anda buat berkeramas komedo dengan lebih efektif.

Komedo terbagi menjadi dua jenis yaitu:

  • Komedo Hitam. Komedo aswad adalah jenis yang paling banyak dialami bagi banyak orang dimana pori-pori yang penuh dengan bakteri dan patra ketika terkena udara berubah warna menjadi gelap.
  • Komedo Putih. komedo bersih biasanya berupa tonjolan halus yang berada di bagian bawah epitel kulit. Jenis komedo yang eka ini memang lebih sulit dihilangkan karena memerlukan sedikit luka buat mengeluarkannya. Diperlukan bantuan ahli kecantikan profesional buat basmi komedo putih.

Penyebab Komedo

Penyebab munculnya komedo aswad dan komedo bersih tentu saja berbeda. Komedo aswad disebabkan bagi debu dan kotoran yang menempel atas wajah yang berpori-pori besar. Jenis komedo yang eka ini juga bisa dibilang paling umum dialami bagi setiap orang.

Komedo bersih disebabkan bagi kotoran dan keringat yang bercampur. Komedo jenis ini bukan saja bisa mengganggu penampilan, tapi juga bisa melantarkan jerawat.

Perlu Anda ketahui, bukan tidak barangkali jika seseorang arung dua jenis komedo sekalian di eka waktu. Ini tentunya balik lagi atas ukuran pori-pori dan juga faktor gara-gara komedo.

Lantas, apakah ada kaidah basmi komedo atau kaidah berkeramas komedo yang efektif?

1. Masker bersih telur

Putih telur adalah bahan alamiah yang sangat efektif buat basmi komedo di hidung. Caranya pun tentu sangatlah mudah karena Anda sekadar harus menyediakan bersih telur dari eka buah telur buat sekali pemakaian.

Jika Anda mau menerapkan cara basmi komedo ala alamiah yang eka ini, non lupa menggunakan tisu. Begini caranya:

  • Kocok bersih telur batas berbusa.
  • Gunting akar sesuai dengan kebutuhan.
  • Oleskan bersih telur ke bagian wajah yang berkomedo (misalnya hidung).
  • Lapisi dengan akar yang pernah digunting.
  • Oleskan lagi kocokan bersih telur di bagian atas tisu.
  • Tunggu batas benar-benar kering (sekitar 30 menit).
  • Cabut akar yang ditempelkan di wajah dari arah bawah ke atas.
  • Bersihkan wajah menggunakan cecair biasa dan rasakan perbedaannya.

Anda bisa melakukan langkah di atas 2-3 kali setiap pemakaian.

2. Perasan lemon + maltos pasir + madu

Cara basmi komedo yang eka ini juga tak kalah mudah jika dibandingkan dengan kaidah berkeramas komedo menggunakan masker bersih telur. Meski bahan yang dibutuhkan lebih banyak, bahan-bahannya mudah buat didapatkan.

Begini kaidah basmi komedo dengan perasaan lemon:

  • Siapkan perasan lemon, 1 sendok maltos pasir, dan 1 sendok madu.
  • Campurkan semua bahan di eka wadah.
  • Oleskan campuran bahan tersebut ke permukaan wajah yang berkomedo.
  • Pijit perlahan dengan arah melingkar.
  • Diamkan 5-10 menit, lalu bersihkan wajah dengan kain basah.

Sangat disarankan buat melakukan kaidah ini setiap 1-2 kali seminggu. Bukan sekadar sebagai kaidah berkeramas komedo, kaidah ini juga becus mengontrol patra berlebih di wajah.

3. Scrub arsip + gula

Tidak sekadar buat diminum, ternyata campuran arsip dan maltos yang nikmat juga becus mengangkat komedo membandel yang ada di wajah. Tentunya bukan dengan kaidah diseduh, melainkan dijadikan scrub buat mengangkat sel indra peraba mati.

Begini kaidah basmi komedo menggunakan scrub kopi:

  • Siapkan 2 sendok bubuk arsip dan campurkan dengan sedikit air.
  • Tambahkan 1 sendok maltos pasir.
  • Gosokkan scrub arsip tersebut atas permukaan wajah yang pernah dibersihkan.
  • Lakukan gerakan menggosok salah eka titik wajah minimal 1 menit.

baca juga: penyebab komedo terus muncul meski sering dibersihkan

4. Uap garam

Cara alamiah basmi komedo yang eka ini juga sangat mudah dan murah. Anda sekadar harus menyiapkan sira dan air. Kenapa sira efektif basmi komedo?

Ternyata sira mengandung senyawa ion positif dan ion negatif yang membentuk senyawa netral. Kandungan inilah yang nyatanya becus basmi komedo aswad di wajah. Inilah kaidah basmi komedo aswad menggunakan uap garam:

  • Didihkan 1 – 1,5 liter cecair dan pindahkan ke sebuah wadah.
  • Larutkan 3 sendok makan garam.
  • Posisikan wajah berada tepat di atas wadah tersebut batas terkena uap panas.
  • Lakukan sekitar 5 – 10 menit.

Perlu diperhatikan, kaidah alamiah basmi komedo dengan uap sira ini bisa membuat Anda ketang napas, jadi disarankan buat mengambil napas dan beristirahat sejenak jika pernah merasa pengap.

5. Pasta gigi

Cara berikutnya adalah menggunakan tapal gigi gigi atau yang sering disebut juga dengan odol. Pasta gigi terbabit bahan efektif pembersih komedo karena mengandung mineral dan fluoride.

Kedua kandungan ini dipercaya becus mengangkat komedo dan menghaluskan wajah. Sayangnya, bahan yang bontot ini tidak benar-benar alamiah karena mengandung bahan kimia. Salah eka kaidah buat menyiasatinya, Anda bisa memilih tapal gigi gigi herbal.

Begini kaidah berkeramas komedo pakai tapal gigi gigi:

  • Oleskan tapal gigi gigi secukupnya atas area yang berkomedo.
  • Diamkan 20-30 menit.
  • Bilas dengan cecair bersih.

6. Es batu (jeruk nipis)

Es batu yang digunakan bukanlah es batu biasa seperti yang digunakan buat minum. Es batu yang dimaksud adalah cecair jeruk nipis yang telah direbus batas mendidih dan kemudian dimasukkan kedalam lemari es.

Sebelum Anda menggunakan es batu dari cecair jeruk nipis, pastikan Anda pernah mencuci bersih wajah dengan menggunakan produk pembersih wajah. Jika sudah, Anda bisa langsung mengaplikasikan es batu ini buat wajah.

Caranya pun sangatlah mudah. Cukup tekan-tekan wajah menggunakan es batu ala perlahan, khususnya atas bagian wajah yang ditumbuhi jerawat. Cara ini akan membuat jerawat mengering bersama rasa linu atas wajah akibat jerawat akan hilang.

  1. Masker bentala liat

Masker bentala liat bisa menjadi kaidah basmi komedo ala alamiah yang bisa Anda coba. Masker bentala liat sering kali dianggap sebagai produk yang cocok buat indra peraba berminyak. Hal itu berdasarkan atas manfaatnya yang bisa menyingkirkan kotoran, minyak, dan elemen lain dari pori-pori Anda.

  1. Oatmeal dan yoghurt

Oatmeal dan yogurt bisa digunakan sebagai kaidah basmi komedo ala alami. Caranya. campurkan dua sendok makan oatmeal, tiga sendok makan yoghurt tanpa rasa, kaum tetes cecair perasan lemon, dan sedikit patra zaitun.

Aduk semua bahan tersebut batas rata. Kemudian oleskan campuran tersebut ke indra peraba wajah dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas wajah dengan cecair hangat. Oatmeal dan kandungan asam laktat atas yoghurt dipercaya ampuh basmi komedo ala alami.

  1. Minyak kelambir + kunyit

Kunyit bisa digunakan sebagai kaidah alamiah basmi komedo karena kunyit mengandung sifat anti-radang, antijamur dan antibakteri. Jangan gunakan kunyit terlalu banyak karena bisa melantarkan indra peraba berwarna kekuningan.

Oleh karena itu, sebaiknya ambil eka sendok makan kunyit bubuk asli dan campurkan dengan eka sendok makan cecair atau patra kelambir buat membentuk pasta. Setelahnya oleskan tapal gigi ke wajah yang berkomedo dan diamkan selama 10 batas 15 menit, kemudian bilas batas bersih.

  1. Baking soda

Campurkan sedikit baking abu kalium hidroksida dan cecair batas menjadi pasta. Kemudian, oleskan campuran ini ke indra peraba wajah. Diamkan kaum menit, selepas itu bilas wajah batas bersih.

Baking abu kalium hidroksida bertindak sebagai exfoliant (agen pengelupas) yang becus menyingkirkan indra peraba mati pembendung pori-pori wajah. Namun, non terapkan kaidah ini setiap hari karena bisa membuat indra peraba wajah menjadi kering.

  1. Pala dan susu

Cara  selanjutnya adalah dengan mengoleskan campuran eka sendok makan susu dengan butiran-butiran halus biji pala ke permukaan wajah. Kemudian, gosok-gosok wajah dengan lembut buat mengangkat indra peraba mati dan kotoran. Gunakan cecair pesam buat berkeramas wajah.

  1. Tea tree oil

Minyak tanaman teh atau tea tree oil dipercaya bisa basmi komedo. Caranya, oleskan langsung ke alun-alun yang terdapat komedo. Tea tree oil bekerja dengan cara  membunuh bakteri dan kotoran gara-gara komedo menumpuk.

Beberapa produk perawatan seperti sabun dan krim yang beredar di pasaran ada yang mengandung tea tree oil. Selain itu tea tree oil juga tersedia sebagai patra esensial.

  1. Madu dan kayu manis

Campurkan eka sendok makan madu dengan setengah sendok teh kayu manis batas rata. Oleskan campuran tersebut ke indra peraba sambil memberikan pijatan atas wajah selama kaum menit. Kemudian bilas wajah dengan cecair hangat.

Madu memiliki sifat antibakteri alamiah yang membantu membunuh bakteri indra peraba gara-gara komedo dan bahkan jerawat. Madu yang dicampur dengan kayu manis bisa hebat keluar komedo yang menyumbat pori.

  1. Lidah buaya

Cara ini biasanya digunakan buat perawatan rambut. Nyatanya, gel lidah buaya mengandung gizi E dan asam folat yang juga bermanfaat buat kulit. Kedua zat tersebut bisa melembapkan sekalian basmi komedo di wajah.

Guna berkeramas komedo, oleskan gel lidah buaya ke wajah. Diamkan zat tersebut selama kurang lebih 10-15 menit. Setelah itu, basuhlah dengan menggunakan cecair hangat.

  1. Lemon dan garam

Cara basmi komedo yang bontot adalah menggunakan campuran lemon dan garam. Aduk cecair perasan jeruk lemon dengan eka sendok garam, eka sendok teh yoghurt tanpa rasa, dan sedikit madu batas rata.

Oleskan campuran tersebut ke permukaan wajah dan diamkan selama 2-3 menit. Bersihkan wajah dengan cecair hangat. Lemon dan tekstur sira yang agresif dipercaya becus membantu basmi kotoran yang terpendam di pori-pori wajah.

Nah, itulah beberapa cara basmi komedo ala alamiah yang bisa Anda coba. Selamat mencoba.

Sekian detil tentang 15 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami semoga tulisan ini bermanfaat terima kasih

Artikel ini diposting pada tag tips dan trik unik, tips dan trik android,

Belum ada Komentar untuk "15 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel