Bagaimana Menentukan Pasangan Triple Pythagoras

Bagaimana Menentukan Pasangan Triple Pythagoras

Hallo, selamat siang di blog AUTOGOBLOOG , artikel ini akan dibahas mengenai matematika kelas 5 Bagaimana Menentukan Pasangan Triple Pythagoras simak selengkapnya

Pada sebuah segitiga siku-siku, alkisah berlaku hukum phytagoras jika panjang sisi siku-sikunya adalah a dan b, dan panjang hipotenusa/sisi miringnya adalah c alkisah berdasarkan hukum phytagoras berlaku : $ a^2 + b^2 = c^2 $

Beberapa misal bilangan Triple Pythagoras yang sudah diketahui diantaranya adalah: (3,4,5); (5,12,13); (7,24,25) dan ( 9,40,41). Namun bagaimana aturan memasang bilangan triple pythagoras yang lain, yang barangkali saja nilai nya yang agak besar, sehingga saya akan susah menentukannya.

Nah melalui artikel ini saya akan membantu anda di bagaimana caranya untuk memasang bilangan-bilangan triple pythagoras secara umum melalui sebuah rumus.

Namun, sebelum itu saya akan mencoba melaksanakan salah satu pembuktian teorema pythagoras yang berlaku pada setiap segitiga siku-siku serta manfaat bilangan-bilangan triple pythagoras.

Manfaat triple Pythagoras

Salah satu kegunaan pythagoras yang paling sering digunakan di kehidupan sehari-hari saya adalah di memasang panjang bidang yang miring. Seperti

  1. Menghitung diagonal televisi.
  2. Menghitung tinggi jendela,
  3. Menghitung Tinggi Sebuah pohon atau gedung tanpa harus memanjat
  4. Menghitung lebar sungai dan masih berjibun lagi yang lainnya.

Pembuktian Teorema Pythagoras

Teorema Pythagoras sudah diajarkan sejak di jenjang SMP hingga SMA dan apalagi sampai kebangku Perkuliahan. Dalam hal ini guru matematika sering menjelaskan kepada siswa nya tentang teorema phytagoras dengan memakai instrumen peraga ataupun dengan masalah sehari-sehari. Untuk membuktikan teorema Pythagoras tersebut, siap berjibun aturan yang dapat dilakukan. Ada yang dengan menunjukkan dengan potongan persegi pada kedua kaki segitiga yang panjang sisinya a dan b seperti ditunjukkan pada goresan di atas, siap juga aturan lain seperti yang akan saya jelaskan beserta ini. Cara membuktikan teorema pythagoras yang akan saya jelaskan ini, memakai pendekatan trapesium. Untuk lebih jelasnya silahkan Perhatikan Gambar Trapesium dibawah ini. Dimana trapesium tersebut terdiri dari gabungan tiga segitiga.

Alt Text!

Berdasarkan goresan di atas, dapat ditentukan bahwa

Luas Trapesium = Luas 3 Segitiga

$½ (a + b)(a + b) =½ ab + ½ c^2 + ½ ab $ -------> Kedua ruas dapat dikali dengan 2. Sehingga

$ (a + b)^2 = ab + c^2 + ab $

$ a^2 + 2ab + b^2 = 2ab + c^2 $

$ a^2 + b^2 = c^2 $ ---------> terbukti

Dengan demikian terbuktilah teorema pythagoras dengan bantuan trapesium.

Rumus untuk Menentukan Bilangan Triple Pythagoras

Sekali lagi saya tegaskan bahwa teorema Pythagoras, hanya berlaku pada segitiga yang salah satu sudutnya siku-siku atau disebut segitiga siku-siku, sehingga ketiga sisinya mengacu pada pasangan yang dinamakan Triple Pythagoras. Untuk menjelaskan materi tersebut sebagai seorang guru hendaknya dari dari masalah-masalah kontekstual misalnya yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Nah untuk membantu di memasang bilangan-bilangan berapa saja yang menjadi pasangan triple pythagoras, beserta ini saya berikan rumusnya.

Andaikan pasangan Triple Pythagoras dengan urutan A, B dan C atau dinotasikan dengan (A,B,C), alkisah rumus pasangan Triple Pythagoras dinotasikan dengan (Ax,Bx,Cx) yang hubungan antara Ax, Bx dan Cx memenuhi teorema Pythagoras Ax2 + Bx2 = Cx2 yaitu:  

Ax = 2 x + 3, 

Bx = 2 x2 + 6 x + 4 

dan 

Cx = 2 x2 + 6 x + 5 

berlaku hanya untuk x positif atau x 0.

\ '); $(document).ready(function()$(".pl").click(function()$("#share-menu").slideToggle("fast"))); //]]>

";q+=""+reljudul[D]+"";q+=""+relcuplikan[D]+"";q+="";document.write(q);r++;if(r==relmaxtampil)break}if(D

Oke penjelasan mengenai Bagaimana Menentukan Pasangan Triple Pythagoras semoga info ini berfaedah salam

Artikel ini diposting pada tag matematika kelas 5, sains kelas 6,

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Menentukan Pasangan Triple Pythagoras"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel