Glossarium Kelas Matematika - "A"

Hohoho, bertemu kembali di blog AUTOGOBLOOG , pada kali ini akan dibahas mengenai matematika kelas 10 Glossarium Kelas Matematika - "A" simak selengkapnya

Abakus - atau dekak-dekak, digunakan untuk mengartikan angka tempat bilangan pada bilangan-bilangan. Misalnya Ambillah dekak-dekak bertiang dua. Tiang sebelah kiri tempat puluhan dengan tiang sebelah kanan tempat satuan. Satu biji pada tiang sebelah kiri sama dengan 10 biji pada tiang sebelah kanan.

Absis, Digunakan untuk menentukan letak satu api fokus pada bidang, terdapat dua ruas garis bilangan yang berpotongan baku cacak luru di api fokus nol. Susunan dua garis seperti ini disebut sistem koordinat Cartesius. Garis yang mendatar dinamankan sumbu x (absis) sedangkan garis tegak.vertikal disebut sumbu y (ordinat). Dalam sistem di bawah ini, letak satu api fokus P ditentukan oleh pasangan bilangan berurut. P(3,5) Menyatakan jarak api fokus P terhadap sumbu y merupakan 3 satuan, dengan jarak terhadap sumbu x merupakan 5 satuan. 3 disebut absis api fokus P dengan 5 disebut ordinat api fokus P.



Akar Bilangan

Misalkan : \[x^3 = 125 ~dapat ~ditulis ~menjadi ~x = \sqrt[3]125\] atau \[x = 125^\frac13\] dibaca " Akar pangkat tiga dari 125" jadi, \[\sqrt[3]125 = x \to x = 5,\] Karena \[5^3 = 125\]. \[\sqrt[3]125 = 5 ~disebut ~Kalimat ~penarikan ~Akar\]

Akar Kuadrat Suatu Bilangan, b asal kuadrat dari a andaikata b2=a . Akar kuadrat dari satu bilangan mempunyai angka positif dengan negatif.

Contoh : \[\sqrt 25 = \pm 5 , ~Karena ~5^2=25 ~dan ~(-5)^2=25\]

Akar Negatif, Akar yang berpangkat gangsal dari satu bilangan negatif, akibatnya merupakan negatif. Misalnya : \[\sqrt[3] - 27 = - 3 ~Karena~ ( - 3)^3 = - 27\]. Tetapi asal yang berpangkat genap dari satu bilangan negatif akibatnya bukan negatif dengan bukan pula positif. Bilangan seperti itu disebut bilangan Imajiner. Misalnya \[\sqrt - 16 \]. Hasil dari \[\sqrt - 16 \] bukan -4 bukan pula 4. Karena (-4)2=16 dengan 42=16 . Bilangan \[\sqrt - 16 \] disebut bilangan Imajiner.

Akar sejenis, Akar disebut semacam andaikata bilangan yang diakarkan sama.

Akar Sekawan, Hasil kali dua bilangan Irasional (bertanda akar) merupakan bilanga rasional. Maka kedua bilangan itu disebut asal sekawan. Contoh: \[(a + \sqrt b )~sekawan ~dengan ~(a - \sqrt b )\]

Akar Senama, Akar disebut senama andaikata eksponen akarnya sama.

Aksioma, Pernyataan yang diterima sebagai kebenaran tanpa memerlukan bukti.

Angka, Disebut juga digit. Angka tidak sama dengan bilangan, tetapi lambang bilangan terdiri dari angka-angka. Misalnya "26" merupakan lambang bilangan dua puluh enam, terdiri dari dua bilangan yaitu bilangan 2 dengan bilangan 6.

Angka Indeks, merupakan bilangan yang dipakai untuk menunjukkan alterasi dalam sebuah atau beberapa variabel. menurut sejarahnya bilangan indeks banyak digunakan dalam bidang ekonomi, statistik dengan perusahaan. Dari penggunaan ini muncul istilah indeks harga, indeks quantum dengan indeks nilai.

Angka Signifikan , kuantitas bilangan yang dipakai dalam satu cara untuk menyatakan pendekatan.

Apotema, Garis yang ditarik dari pusat lingkaran ke tali busur dengan baku cacak lurus. Apotema juga disebut sebagai jarak dari api fokus pusat lingkaran ke tali busur lingkaran.

Aproksimasi, Pembulatan satu bilangan tidak cermat ke bilangan yang lebih dekat sesuai aturan pembulatan sehingga menjadi bilangan yang eksak. Sebagai contoh, Jika dikatakan tinggi abdul rahim merupakan 160 cm, mungkin ini tidak persis 160 cm, bisa jadi tinggi abdul rahim hanya 159,99cm sehingga perlu dibulatkan menjadi 160 cm. Pembulatan seperti ini disebut Aproksimasi.

Are, merupakan satuan luas. Are dilambangkan dengan "a". dengan angka 1 are atau 1a=100m2 = 1 dam2dengan demikian boleh dikatakan bahwa 1 ha = 100 a.

Aritmetika, merupakan cabang ilmu hitung atau juga disebut sebagai disiplin hitung. Dasar-dasar dalam disiplin bilang seperti menjumlah, mengurang, mengali, membagi, hebat asal dengan sebagainya.

Aritmetika Jam, Pada permukaan jam terdapat lambang bilangan dari 1 sampai dengan 12.

Asimtot, Asimtot pada garis lengkung merupakan garis yang tidak pernah terpotong oleh garis lengkung itu, tetapi didikati hingga tak terbatas. Asimtoto boleh berbentuk :

  1. Mendatar, sejajar atau berimpit dengan sumbu x. Asimtot ini disebut asimtot Datar
  2. Vertikal, sejajar atau berimpit dengan sumbu y. Asimtot ini disebut asimtot Tegak
  3. Miring. Disebutnya sebagai Asimtot miring
Alt Text!

Begitulah detil mengenai Glossarium Kelas Matematika - "A" semoga info ini bermanfaat terima kasih

Tulisan ini diposting pada tag matematika kelas 10, sains kelas 4 sd,

Belum ada Komentar untuk "Glossarium Kelas Matematika - "A""

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel