SEJARAH MUNCUL NYA PERANGKAT PINTAR ANDROID

Hohoho, selamat pagi di blog AUTOGOBLOOG , artikel ini akan membawakan tentang blog unair SEJARAH MUNCUL NYA PERANGKAT PINTAR ANDROID simak selengkapnya

Kesempatan kali ini saya akan coba kupas sedikit tentang salah satu sistem operasi perangkat akil anda(ANDROID)

ANDROID

Siapa lagi yang tidak tau Android? Sebuah sistem operasi gadget yang makin digemari oleh seluruh anak buah di dunia. Pasti kebanyakan dari anda yang membaca artikel ini mempunyai ponsel Android. Di Indonesia sendiri, pemakai Android makin bertambah banyak. Dengan bertambah banyaknya pengguna, tentu Android menjadi sebuah sistem operasi yang sangat populer.

Hampir 65% anak buah di seluruh adam ini pemakai Android. Namun ternyata, banyak lagi anak buah yang belum mengenal sejarah lahirnya Android. Nah bertepatan sekali, pada kesempatan kali ini, saya bakal memberikan cuplikan artikel sejarah lahirnya Android.

Sebelum kita melangkah ke sejarah, saya bakal memberikan sedikit pengertian atau penjelasan mengenai Android. Mungkin ada beberapa anak buah yang tidak kenal apa itu Android. Nah, baru setelah itu saya bakal memberikan cuplikan singkat sejarah lahirnya Android.

Android adalah sebuah sistem operasi gadget yang basisnya adalah Linux. Android sorangan merupakan sistem operasi yang dirancang dan diperuntukkan secara khusus kepada gadget atau perangkat seluler dengan karakteristik layar sentuh, seperti smartphone dan tablet.

Sejarahnya dimulai pada bulan Oktober tarikh 2003, Andy Rubin mendirikan kongsi bernama Android, Inc di Palo Alto, California. Awal tujuan dikembangkannya Android adalah untuk mengembangkan sistem operasi canggih khusus kamera digital. Namun beberapa ide bermunculan dan mengingat larisnya ponsel layar sentuh di pasaran dunia, alhasil Android beralih fungsi. Kini, Android tidak mengembangkan sistem operasi khusus kamera digital namun beralih ke sistem operasi perangkat seluler layar sentuh. Android dikembangkan untuk menyaingi 2 sistem operasi gadget besar lainnya ialah iPhone dan Symbian yang sama-sama saling melacak kepopuleran di era globalisasi ini.

Android diakuisisi oleh Google

Tanggal 17 Agustus 2005, kongsi raksasa Google mengakuisisi Android untuk bergabung ke dalamnya dan menetapkan Andy Rubin sebagai manajernya. Google memasarkan dan menawarkan OS Android ke produsen smartphone dan tablet. Ini bertujuan agar produsen perangkat seluler tersebut menggunakan layanan sistem operasi Android. Dengan waktu sekejap saja, telah ada produsen handphone yang siap dengan tawaran Google.

Open Handset AlliancePada tarikh 2007, didirikanlah OHA (Open Handset Alliance). OHA sorangan adalah kongsi yang didalamnya melawan kongsi ponsel-ponsel dunia, seperti Samsung, HTC, Sony, dan lain sebagainya. Selain itu, OHA lagi melawan produsen ciphset seperti Qualcomm dan Texas Instruments. Tujuan didirikannya OHA adalah sebagai pengembang standar terbuka bagi perangkat seluler. Pada 22 Oktober 2008 diluncurkanlah telepon seluler pertama yang menggunakan sistem operasi Android. Telepon seluler tersebut adalah HTC Dream.

Tahun 2008, Google merilis telepon akil bersistem Android, ialah Nexus. Google sorangan meluncurkan banyak seri-seri Nexus, diantaranya seperti cahaya Nexus One, Nexus 2, Nexus 3, sampai Nexus 10. Untuk Nexus cahaya 10 diproduksi oleh Samsung dan LG, sedangkan untuk Nexus cahaya 6 dan 9 diproduksi oleh Motorola dan HTC. Pada Maret 2013, secara resmi Andy Rubin pindah dari divisi android ke proyek-proyek Google setelah sebelumnya digantikan oleh Sundai Pichai (pengembang sistem operasi Google Chrome).

Mulai dari tarikh 2008 lah, Android mulai gencar melakukan pengembangan-pengembangan produknya dengan meluncurkan banyak ala atau seri. Versi-versi Android ini cukup unik karena nama-nama ala tersebut diambil dari nama-nama incaran terkenal, seperti Cupkake, Donut, Eclair, Froyo, dan lain-lain. Setiap bulan, segala karakteristik diperbarui seperti penambahan aplikasi pendukung dan makin banyak lagi kongsi pengembang aplikasi yang bergabung di dalamnya. Setiap beberapa bulan sekali, Android meluncurkan ala barunya yang namanya disusun secara alfabetis.

Versi-versi Android

Adapun versi-versi Android tersebut antara lain :

Android 1.5 (Cupkake)

Android 1.6 (Donut)

Android 2.0/2.1 (Eclair)

Android 2.2 (Froyo)

Android 2.3 (Gingerbread)

Android 3.0/3.1 (Honeycomb)

Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)

Android 4.1/4.2/4.3 (Jelly Bean)

Android 4.4 (Kitkat)

Android 5.0 (Lollipop)

Android 6.0 (Marshmallow)

Android 7.0 (Nougat)

Android 8.0 (Oreo)

Android 9.0 (Pie)

Demikianalah sejarah singkat lahirnya Android yang dapat saya sampaikan. Semoga dengan membaca sejarah singkat Android ini, wawasan pengetahuan anda mengenai android bertambah. Dan kira-kira Versi Android berapakah yang anda gunakan sekarang? 😁

*Source berbagi sumber

Sekian penjelasan perihal SEJARAH MUNCUL NYA PERANGKAT PINTAR ANDROID semoga artikel ini menambah wawasan terima kasih

Artikel ini diposting pada kategori blog unair, blog raditya dika, cara menghilangkan jerawat,

Belum ada Komentar untuk "SEJARAH MUNCUL NYA PERANGKAT PINTAR ANDROID"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel