7 Langkah Wujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

7 Langkah Wujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Allow, selamat pagi di blog AUTOGOBLOOG , pada kali ini akan membawa pembahasan mengenai healthy care 7 Langkah Wujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat simak selengkapnya

Liputan6.com, Jakarta Setelah meluncurkan aplikasi GERMAS PAS, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kembali mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) pada Jumat, 20 September 2019.

Sosialisasi ini sekaligus menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) pada 12 November mendatang. Diharapkan, diseminasi GERMAS ini akan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya cermin bernapas sehat.

"Indonesia harus siap, artinya masyarakatnya juga harus sehat. Menjadi efektif bisa dimulai dari diri sendiri. Karena kalau tidak sehat, tentu kita tidak bisa menjadi anak yang produktif," ucap Menteri Kesehatan RI, Nina Farid Moeloek.

Untuk mencapai produktivitas, Kemenkes merekomendasikan kaum langkah terkait dengan cermin hidup sehat yang bisa dilakukan akibat diri sendiri untuk mencegah berbagai masalah kesehatan.

1. Melakukan aktivitas fisik

"Jangan lupa untuk melakukan peregangan atau olahraga minimal 30 menit dalam sehari," ucap Nina dalam di Gedung Sujudi, Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan.

Aktivitas fisik bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Misalnya dengan berjalan kaki, melakukan aktivitas rumah seperti menyapu atau mencuci, atau naik sepeda.

2. Makan buah dan sayur

Mengonsumsi buah dan sayur setiap musim merupakan cacat satu langkah hidup sehat. Batasilah makanan yang mengandung gula, garam, dan lemak yang terlalu tinggi.

"Makanan yang efektif adalah makanan yang dekat dengan bentuk aslinya dari alam. Jadi kalau mengonsumsi buah, lebih baik tidak mesti di jus. Karena malah akan menghilangkan protein khalis dari buah tersebut," ucap dokter sekaligus pemerhati isu kesehatan, Tan Shot Yen.

3. Tidak merokok

Berhenti merokok bisa memberikan banyak manfaat. Beberapa diantaranya adalah apitan darah, denyut nadi, dan aliran keturunan bisa membaik. Risiko kanker paru dan jantung koroner juga berkurang.

Rexona Dry Serum Exclusive Launch

Cek kesehatan berkala

4. Tidak meminum alkohol dan menggunakan narkoba

Minuman beralkohol dan narkoba memiliki efek buruk bagi tubuh. Efek buruk yang ditimbulkan mulai dari kesehatan hingga efek sosial.

5. Cek kesehatan menurut berkala

Untuk menjaga kesehatan, periksalah menurut rutin setiap 6 bulan sekali. Mulai dari apitan darah, kemampuan gula darah, kolestrol, hingga lingkar perut.

"Ini berfungsinya untuk mengetahui kondisi badan yang sebenarnya. Karena bisa saja kita tidak menyadari bahwa sedia kebobrokan tidak jalar akibat cermin bernapas yang tidak sehat," ucap Nina.

Jaga keheningan lingkungan

6. Menjaga keheningan lingkungan

Menjaga keheningan bisa meningkatkan kualitas lingkungan. Bisa dilakukan dengan cara membuang sampah pada tempatnya, menggunakan air bersih, dan memastikan bahan makanan bebas dari pewarna maupun pengawet yang berbahaya.

7. Menggunakan jamban sehat

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga keheningan lingkungan adalah dengan menggunakan jamban keluarga. Artinya, Anda harus membuang kotoran di tempat yang seharusnya.

Karena menggunakan jamban yang efektif bisa menghindari kebobrokan seperti diare, thypus, infeksi saluran pencernaan, kebobrokan kulit, dan keracunan.

Penulis: Diviya Agatha

Begitulah penjelasan perihal 7 Langkah Wujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat semoga tulisan ini menambah wawasan salam

Artikel ini diposting pada label healthy care, health belief model,

Belum ada Komentar untuk "7 Langkah Wujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel