Bagaimana Memilih Platform yang Pas?

Bagaimana Memilih Platform yang Pas?

Hi, selamat pagi di blog AUTOGOBLOOG , sesi kali ini akan dibahas tentang Bagaimana Memilih Platform yang Pas? simak selengkapnya

Bagaimana cara memilih platform blog yang Pas buat Blogger Pemula?

Ada banyak macam/jenis platform yang dapat dikau gunakan buat memulai ngeblog. Diantaranya adalah Wordpress, Blogger, Drupal, Joomla, prestashop dan lagi banyak lagi yang lainnya. Bagi dikau yang lagi baru di dunia blogging, tentunya perlu mengetahui Platform mana yang pantas buat anda. Hal ini dikarenakan masing-masing plaltform memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Namun dari sekian banyaknya Platform, siap dua platform yang abdi rekomendasikan alokasi dikau yang lagi pemula. Yaitu Wordpress atau Blogger. Karena kedua platform ini bertambah user friendly alias bertambah mudah digunakan dan bertambah familiar alokasi para bloger pemula. Untuk itu, agar dikau tak ragu menentukan mana yang klop buat dikau gunakan, mencerap beberapa ringkasan berikut ini.

A. Blogger atau Blogspot

Kenapa Blogger atau Blogspot.com abdi tempatkan pada urutan yang pertama? Karena merupakan salah ahad platform blogging yang banyak digunakan kecuali WordPress. Selain atas bebas dan amat mudah dibuat, tampilan dan fitur Blogger lagi amat user-friendly.

Ada banyak argumen kenapa Blogger jadi salah ahad pilihan utama alokasi pembimbing seperti abdi dalam melaksanakan blog dengan mudah dan cepat. Salah ahad alasannya adalah kecuali yang sudah abdi ungkapkan di atas bahwa Blogger adalah salah ahad produk yang dimiliki akibat perusahaan raksasa Google sehingga bakal jadi kapabilitas tarik tersendiri alokasi para blogger ayu yang pembimbing maupun yang sudah mahir dan buntung melintang didunia perbloggeran.

Pada mulanya Blogger ini bukanlah milik perusahaan google, melainkan produk milik Pyra Labs, yang kalo tak salah diluncurkan pada 23 Agustus 1999. Namun, kemudian Google mengakuisisinya atau membelinya pada tahun 2003 sehingga melaksanakan Blogger jadi salah ahad produk andalan alokasi google.

Sejak dibeli nya blogger dari Pyra Labs, banyak sekali perubahan-perubahan yang dilakukan akibat Google dalam memenuhi keinginan para penggunanya, apabila saja:

  • mengintegrasikan Picasa di tahun 2004 sehingga Blogger memiliki akomodasi pencadangan Foto. Fitur ini bisa digunakan buat membereskan film maupun buat berbagi.
  • Servernya datanya dipindahkan ke server Google
  • Standarisasi gadget/widget
  • penambahan template Blogger
  • penambahan fitus https
  • bisa costum daerah minus upgrade akun di google
  • bisa ikut beres publisher adsense
  • dan lagi banyak perubahan asing yang melaksanakan Blogger menjadi
  • platform blogging tangguh seperti yang saya kenal sekarang.

Untuk dikau yang baru mencoba blogging, tak siap salahnya buat mempertimbangkan platform yang ahad ini, apalagi kalau dikau ingin memonetasi blog yang dikau buat minus kudu keluar modal terlebih dahulu.

Supaya dikau tak ragu dalam memilih Blogger sebagai penunjang blog pertama anda, berikut ini abdi uraikan keunggulan-keunggulan dari blogger.

Kelebihan Blogger atau Blogspot

1. Gratis

Ini adalah salah ahad argumen utama alokasi mayoritas anak buah memilih Blogger termasuk lagi saya..hehehe

Dengan Blogger, Anda tak perlu lagi mengeluarkan uang kecuali buat membeli pulsa internet. Semua Fasilitas yang siap pada Blogger diberikan secara gratis alias bebas akibat perusahaan Google. Anda bahkan bisa melaksanakan sampai 100 blog buat saban akun Google. 100 Blog itu bukan sedikit loh.. mengurus 1 blog saja sudah pusing apalagi sampai 100. Tapi itulah hebatnya google. Semuanya digratiskan minus kudu membayar sepeserpun.

2. Mudah dan praktis

Kelebihan yang kedua adalah Mudah dan lagi Praktis. Membuat blog di Blogger sangatlah mudah, dalam bilangan menit sudah langsung bisa beres dan aktif. Anda cuma perlu masuk ke dalama Blogger.com dan login sebagai akun Google yang Anda punya. Cukup tuliskan judul dan alamat blog yang dikau inginkan alkisah Anda sudah bisa memiliki blog sendiri dengan alamat standar : alamatblog.blogspot.com setelah itu Anda bisa menambahkan fungsi asing dari dalam dashbord Blogger anda. apabila dengan menambahkan gadget/ widget pada tampilan blog Anda.

Selain kemudahan seperti yang abdi sebutkan tadi, Blogger atau blogspot lagi terbilang amat praktis. Untuk Anda yang tak akan repot-repot melakukan pembelaan blog atau kostumasi tema dan cuma akan mencatat konten atau atikel, Blogger bisa jadi pilihan yang tepat buat anda. Karena didalam dashbord blogger sudah ada banyak tema yang bisa dikau pakai dengan cuma sekali klik.

3. Terintegrasi dengan Google

Seperti yang abdi sebutkan di atas, syarat melaksanakan blog di Blogger adalah dengan diwajibkannya memiliki akun Google. hampir saban anak buah di jaman sekarang ini pasti punya akun google. Mengapa? Karena hampir semua anak buah saat ini memiliki Smartphone di mana didalam smartphone buat dapat mendapatkan aplikasi biasanya menggunakan play store sebagai pedoman. Kita kenal bahwa agar dapat menggunakan playstore, para pengguna smartphone diwajibkan melaksanakan akun salah satunya adalah akun google.

Namun, jika dikau belum punya akun google mungkin saat ini dikau perlu membuatnya, bebas koq.  Dengan memiliki akun Google, dikau bakal dapat dengan mudah mendapatkan semua layanan dari Google cuma menggunakan ahad akun. Kita tahu, layanan google ini amat banyak yang diberikan secara cuma-cuma. Salah ahad nya adalah Blogger.com

Blogger atau Blogspot dapat integral dengan layanan Google lainnya seperti Adsense, Google Anallytics, dan google search console dan Adwords alokasi para penggiat bisnis marketing.

4. Blogger Dibackup akibat server yang handal

Sejak google mengakuisisi Blogger, baru pada semester akhir tahun 2007 Google berhasil memindahkan Blogger atau blogspot secara inklusif ke server google sendiri. Jadi kalau dikau melaksanakan blog di Blogger, alkisah secara otomatis dikau lagi menggunakan jasa layanan hosting dari Google. ini artinya dikau memiliki dekingan

server yang super handal yang dapat menampung jumlah pengunjung blog (traffik) yang tinggi. Selain dapat menampung traffik yang tinggi, jaminan crash lagi bakal teratasi. dan selama ini yang abdi tau, blogger amat jarang crash atau server down.

5. Keamanan yang Terjaga dan Terjamin

Meskipun tak siap garansi yang pasti dari pihak google buat masalah keamanannya, namun amat mustahil buat dapat membobol akun Blogger yang dikau buat. Karena pihak google telah memberikan pengamanan yang berlapis.

6. Blogger Bisa menggunakan kustom domain 

Bagi dikau yang menjadikan blog sebagai penghasilan tambahan, alangkah baiknya merubah asma daerah blog nya jadi daerah yang top level daerah (TLD). Hal ini menunjukkan keseriusan seseorang dalam menjalani bisnis nya. berlainan dengan lagi menggunakan domain.blogspot.com, anak buah asing lagi bakal mencurigakan keseriusannya.

Untuk mendapatkan asma daerah TLD, faktual didalam dashboard blogger sekarang ini sudah siap akomodasi beli daerah langsung ke google, namun dikau lagi bisa mendaftarkannya pada situs yang istimewa melayani pembelian asma daerah seperti godaddy, NameCheap, atau pada pembekal layanan daerah sekaligus hostingnya seperti Niagahoster, IDWebhost, idhostinger atau Masterweb dan lagi banyak lagi. Untuk Anda yang mengingikan Domain Tld (.com) yang amat murah, Anda bisa membelinya di MasterWeb. Terakhir abdi membeli daerah buat blog ini adalah kelasmat.com cuma dengan Harga Rp 90 an ribu saja. Jadi barang apa lagi, Ayo buruan beli Domain dot com disini.

Kelebihan dari blogger, dikau dapat dengan mudah menggunakan custom daerah dikau sendiri minus kudu mengupgrade akun dikau terlebih dahulu seperti yang siap pada wordpress atau platform yang lainnya.

7. Monetasi blog

kelebihan asing dari blogger selanjutnya adalah monetasi blog. Untuk Anda yang ingin melaksanakan blog buat dapat penghasilan tambahan dengan memakai jasa adsense, Blogger bisa jadi pilihan yang paling tepat. Karena blogger adalah bagian dari google, tentu bakal jadi prioritas dibanding dengan platform lainnya. dengan menggunakan Blogger, dikau lagi dapat bebas mengikuti program asosiasi atau reseller atau bahkan menggunakan iklan PPC atau program asing nya.

Dengan sekalian kelebihannya, tentu saja Blogger lagi memiliki banyak kelemahan. Apa sajakah kelemahannya?

Kelemahan blogger diantaranya adalah:

  1. Kekurangan atau kelemahan Blogger yang pertama adalah tampilan dari dasboard adminnya yang amat sederhana.
  2. Dalam mencatat postingan atau artikel, diblogger tak bisa berlapang-lapang tak seperti di dalam wordpress yang bisa ditambah dengan memanfaatkan plugin.
  3. akan sedikit sulit buat menyesuaikan tampilan blog alokasi dikau yang lagi baru mengenal HTML dan CSS.
  4. kelemahan yang terakhir, atas blogger merupakan salah ahad produk Google, alkisah saya sebagai penggunanya kudu patuh dan tunduk pada peraturan yang dibuat akibat Google.


B. Wordpress

WordPress merupakan platform sistem manajemen konten (CMS) yang paling banyak digunakan di dunia. CMS atau sistem manajemen konten itu artinya adalah aplikasi web dimana saya sebagai anak buah awam dan tak menguasai budi pemogramanpun dapat buat mengelola website atau membangkit konten minus kudu menguasai istilah HTML, CSS, PHP, Javascript dll. Ada dua pilihan dalam menggunakan wordpress, yang pertama dikau bisa melaksanakan blog di wordpress.com buat dikau yang tak memiliki hosting atau pilihan yang kedua dikau bisa menggunakan wordpress.org buat dikau yang punya hosting sendiri (self Hosting). Untuk beda keduanya bakal abdi jelaskan pada kesempatan lain.

Bahasa dasar dari wordpress adalah dengan budi PHP dan MySql. Hampir saban pembekal hosting didunia menyediakan platform wordpress ini. Karena benar bertambah dari 30% dari website besar di dunia menggunakan wordpress. Alasannya tentu atas dalam wordpress banyak kelewahan dibandingkan blogger atau blogspot. Tapi itu jika dikau sudah menguasai budi PHP dan MySql. Untuk dikau yang lagi belum menguasainya bertambah ayu menggunakan blogspot. Karena kalau salah-salah dalam pengoperasiannya bisa fatal error.

Mengapa banyak anak buah bertambah memilih wordpress sebagai platform bog atau websitenya? Berikut ini adalah beberapa kelewahan wordpress di bandingkan dengan platform lain.

Kelebihan Wordpress

1. Gratis

Sama dengan blogger, wordpress lagi menyediakan fitur bebas alokasi dikau yang tak ingin mengeluarkan dana. Namun, tentu saja ala gratisan tak selengkap akomodasi yang berbayar. Ini bakal amat mempengaruhi kinerja/dan performa blog anda. Dalam wordpress yang self host, dikau bisa menginstal plugin sesuka anda. Sangat banyak plugin atau yang ada di internet. Mulai dari yang gratisan sampai yang berbayar.

2. memiliki software antarmuka yang intuitif/menarik dan mudah digunakan

Berbeda dengan blogger yang memiliki tampilan dashboard yang amat sederhana, di wordpress tampilan admin nya amat lentur dan menarik. Bahkan alokasi yang mengerti budi pemograman, wordpress adalah cms yang paling direkomendasikan buat para pengembang.

3. WordPress bersifat open-source

Kenapa wordpress adalah cms yang paling direkomendasikan buat para pengembang? atas wordpress benar bersifat open-source. Open source artinya siapa saja boleh menggunakan dan mengembangkannya.

4. Bisa menambah atau melaksanakan fungsionalitas sendiri

bagi Anda yang pembimbing sekali juga dapat dengan mudah menambah fungsi-fungsi tambahasan dari wordpress dengan memanfaatkan plugin yang tersedia. berangkat dari plugin buat mempercantik tampilan atau lagi buat bisnis atau jualan online amat banyak ada secara gratis.

5. Panduan atau tutorial yang Lengkap

Wordpress memiliki komunitas internet yang amat besar jika dibandingkan dengan komunitas sejenisnya. Oleh atas itu, hampir saban pertanyaan yang terjadi (bug) di dalam wordpress bakal dapat dengan segera teratasi.

6. Proses Update yang mudah dan cepat

Seperti yang abdi jelaskan diatas bahwa komunitas wordpress merupakan yang terbesar sehingga saban kali siap masalah atau perbaikannya atau bahkan jika siap pembaruan, alkisah wordpress selalu melakukan update. dalam melakukan update ini, pengguna tak bakal mengalami kesulitan atas di dalam wordpress sudah ada fitur update ke ala yang bertambah tinggi ayu secara otomatis ataupun secara manual.

Meskipun banyak kelebihannya, namun wordpress ajek saja lagi memiliki kekurangan. Kekurangannya itu antara lain:

Kelemahan atau Kekurangan Wordpress

1. Tingkat keamanan duga beresiko

Karena sebagian besar website besar dibuat dengan wordPress, alkisah risiko terserang hacker lagi semakin besar. Namun, Anda bisa mencegahnya dengan menginstall beberapa plugin buat mengamankannya.

2. Sering Bug

Masih banyak plugin yang belum suport dengan ala terbaru wordpress. akhirnya jika tak hati-hati dalam mengupdate, bisa beres website dikau bakal mengalami crash atau error.

3. Loading website berat.

Ada masalah yang sering dialamai alokasi pengguna wordpress ketika Anda menginstall terlalu banyak plugin. Website atau blog bakal terasa akut dan lambat ketika dibuka. Namun, dikau tak perlu khawatir, atas Anda bisa mengatasinya dengan menginstall plugin caching.

Kesimpulan :

Berdasarkan deskripsi di atas, abdi harap dikau sudah bisa menentukan pilihan buat menggunakan Platform mana yang sesuai dengan kebutuhan dan daya anda. Secara pribadi, alokasi dikau yang belum menguasai budi php dan MySql, abdi bertambah menyarankan dikau buat menggunakan Blogger. Namun, alangkah bertambah baiknya dikau ajek mencoba wordpress juga. Jadi dikau bisa bertambah memahami kedua platform tersebut.

Sekian pembahasan tentang Bagaimana Memilih Platform yang Pas? semoga info ini bermanfaat terima kasih

Tulisan ini diposting pada label

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Memilih Platform yang Pas?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel