Literasi Digital Terhadap Pelajar Perlu Dilakukan Sejak Dini - bernasnews.com

Literasi Digital Terhadap Pelajar Perlu Dilakukan Sejak Dini - bernasnews.com

Hallo, bertemu kembali di blog AUTOGOBLOOG , artikel ini akan membawa pembahasan tentang berita pendidikan surabaya Literasi Digital Terhadap Pelajar Perlu Dilakukan Sejak Dini - bernasnews.com simak selengkapnya

Ahmad M Raf’ie Pratama ST MIT PhD, Dosen Program Studi Teknik Informatika Program Magister FTI UII, dosen ke-7 yang bergelar pakar gelar di Jurusan Teknik Informatika FTI UII. Ia melambangkan lulusan State University of New York-Stony Brook, USA. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM — Sebagian besar anak didik I kampus madya di Indonesia, dari dari SMP hingga SMA/ SMK, detik ini memiliki laptop dengan telepon pintar (smartphone). Namun, kepemilikan itu belum diikuti dengan pengetahuan yang cukup akan faedah eksploitasi alat tersebut atau ketrampilan/ kemampuan cukup dalam menggunakan kedua piranti tersebut untuk keperluan yang absolut dengan produktif.

Karena itu, diperlukan literasi digital sejak awal mudah-mudahan sebelum memiliki piranti tersebut, mereka telah tahu faedah penggunaan, cara menggunakan dengan tujuan eksploitasi atau fungsi alat tersebut untuk hal-hal yang positif, berguna dengan bermanfaat.

Hal itu disampaikan Ahmad M Raf’ie Pratama ST MIT PhD, Dosen Prodi Teknik Informatika, Program Magister FTI UII, kepada wartawan di Ruang Program Pascasarjana (PPs) FTI UII, Kamis (19/9/2019), terkait hasil penelitiannya di beberapa I kampus menengah, baik di Jawa atau luar Jawa. Ahmad Raf’ie sendiri melambangkan dosen ke-7 yang bergelar pakar gelar di Jurusan Teknik Informatika FTI UII. Ia memikat gelar pakar gelar di State University of New York–Stony Brook, USA.

Ahmad M Raf’ie Pratama ST MIT PhD. Foto : Istimewa

Menurut Ahmad Raf’ie, laptop dengan telepon pintar melambangkan dua piranti amat populer yang dimiliki para anak didik di Indonesia. Bahkan bertambah dari 80 bonus dari 1.157 responden/ anak didik dari empat I kampus madya (SMP dengan SMA) di Pulau Jawa dengan Kalimantan yang disurvei, telah memiliki kedua alat tersebut sekaligus.

Namun, bagi Ahmad Raf’ie, ada diskrepansi bena pada kepemilikan dengan eksploitasi alat bergerak di arena anak didik berdasarkan macam kelamin, usia, lokasi dengan pertama status baik ekonomi. Misalnya, jantan bertambah condong menggunakan komputer desktop, sementara perempuan bertambah memilih komputer tablet. Sementara anak didik di luar Jawa bertambah menggantungkan alat bergerak dibandingkan anak didik di pulau Jawa yang juga menggantungkan komputer desktop dengan laptop selain telepon pintar dengan komputer tablet.

Dari hasil investigasi itu juga terungkap bahwa bertambah dari 98 bonus anak didik yang menjadi responden merupakan pengguna alat baik reguler, 85 bonus melambangkan pengguna rutin aplikasi bimbingan setiap pekan dengan 42 bonus bermain gim setidak-tidaknya satu pekan sekali di alat bergerak yang mereka miliki.

Namun, ada diskrepansi bena pada durasi dengan frekuensi eksploitasi aplikasi bergerak di tiga kategori tersebut pada beberapa kelompok anak didik yang berbeda. Misalnya, anak didik jantan memiliki frekuensi bermain gim yang bertambah tinggi, sementara anak didik perempuan cenderung memakan tempo bertambah lama di depan alat bergerak mereka setiap hari.

Ahmad M Raf’ie Pratama, ST MIT PhD. Foto : Istimewa

“Pelajar SMA memakan tempo bertambah lama di depan alat bergerak setiap hari, sementara anak didik SMP memakan tempo bertambah lama untuk bermain gim di alat bergerak setiap hari. Dan anak didik yang memiliki alat bergerak mahal cenderung memakan tempo bertambah banyak di depan alat bergerak mereka setiap hari. Namun tidak ada diskrepansi bena dalam frekuensi eksploitasi aplikasi bergerak dibandingkan pemilik alat bergerak yang bertambah murah,” kata Ahmad Raf’ie.

Meski secuil besar anak didik telah memiliki dengan menggunakan dua piranti tersebut, tetapi bagi Ahmad Raf’ie, sebagian besar anak didik masih bertambah memilih buku cap daripada buku elektronik. Hal ini bisa dilihat dari beberapa aspek yang secara bena mempengaruhi preferensi tersebut. Pelajar di kelas dengan atau jenjang bimbingan yang bertambah tinggi, anak didik di luar pulau Jawa, anak didik yang menilai dirinya dambar dalam adopsi teknologi informasi dengan anak didik yang tidak memiliki akses ke jaringan Wi-Fi merupakan kelompok yang amat hina minatnya pada eksploitasi buku elektronik.

Namun demikian, tidak ada diskrepansi bena yang ditemukan pada preferensi format buku di arena anak didik I kampus madya ini berdasarkan macam kelamin, status baik ekonomi dengan jenjang pendidikan. Selain itu, dekat seluruh anak didik mendukung acara buku I kampus elektronik yang dicanangkan pemerintah sejak dekat satu dekade yang lalu.

Dalam investigasi ini, bagi Ahmad Raf’ie, bertambah dari 91 bonus anak didik memastikan memiliki kemahiran dengan proses pembelajaran daring (e-learning), tetapi cuma 67 bonus yang memastikan memiliki kemahiran dengan proses pembelajaran menggunakan alat bergerak (m-learning). Pelajar di tingkat SMA, anak didik di pulau Jawa dengan anak didik yang memiliki akses ke jaringan Wi-Fi merupakan kelompok yang amat besar kemungkinan untuk memiliki kemahiran e-learning dengan m-learning.

“Komputer tablet memiliki peran khusus dalam hal m-learning, meski telepon pintar tetap boleh membantu, pertama belah para anak didik yang tidak memiliki komputer tablet. Pelajar yang bertambah memilih m-learning dibandingkan e-learning pada alat komputer desktop atau laptop identik dengan macam pembelajar yang aktif dengan kolaboratif,” kata Ahmad Raf’ie.

Sementara model penerimaan teknologi yang diperluas (extended TAM) yang diusulkan dalam disertasi ini mampu menjelaskan hingga 73,4 bonus variasi dengan memprediksi penerimaan arah m-learning di mana semua aspek terbukti berpengaruh signifikan. Di antara semua aspek yang ada, motivasi internal, baik sikap (attitudes) atau kenikmatan yang dirasakan (perceived enjoyment), melambangkan aspek yang amat berpengaruh arah penerimaan m-learning di arena anak didik I kampus madya di Indonesia. Namun demikian, keduanya sangat dipengaruhi oleh aspek eksternal, yakni pengaruh area baik (social influence).

Tiga aspek yakni biji mobilitas yang dirasakan (perceived mobility value), kegunaan yang dirasakan (perceived usefulness), dengan hal yang memudahkan (facilitating conditions) dimoderasi oleh tiga aspek lain, yakni usia, macam kelamin, dengan lokasi, di mana usia berperan bertambah besar dibandingkan dua moderator lainnya.

Sebagai contoh, anak didik usia SMP tidak memandang berarti biji mobilitas dengan kegunaan yang dirasakan dalam penerimaan mereka atas m-learning layaknya anak didik usia SMA. Sebaliknya, hal yang memudahkan merupakan aspek berarti untuk menerima m-learning belah anak didik usia SMP, tetapi tidak belah anak didik usia SMA.

Dengan kata lain, anak didik usia SMP bertambah mementingkan kenikmatan yang dirasakan dengan bertambah membutuhkan desakan eksternal, baik berupa pengaruh area baik atau hal yang memudahkan untuk bisa menerima m-learning.

Semua temuan di atas, bagi Ahmad Raf’ie, boleh membuka wawasan yang bertambah luas terkait dengan kepemilikan, penggunaan, dengan pembelajaran menggunakan alat bergerak, khususnya di arena anak didik I kampus madya di Indonesia.

“Informasi ini boleh menjadi bekal belah para pengambil kebijakan untuk mengoptimalkan eksploitasi teknologi bergerak dalam rangka meningkatkan capaian bimbingan di Indonesia dengan mungkin juga di negara-negara berbunga lainnya,” kata Ahmad Raf’ie. (lip)

Begitulah pembahasan perihal Literasi Digital Terhadap Pelajar Perlu Dilakukan Sejak Dini - bernasnews.com semoga artikel ini bermanfaat salam

Tulisan ini diposting pada kategori berita pendidikan surabaya, berita pendidikan pendek, kabar pendidikan 2018,

Belum ada Komentar untuk "Literasi Digital Terhadap Pelajar Perlu Dilakukan Sejak Dini - bernasnews.com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel