masnasih.com: Mengapa Saat Pertama Kali Membuat Program Selalu Digunakan Istilah “Hello World”?

Hohoho, bertemu kembali di blog AUTOGOBLOOG , pada kali ini akan membawa pembahasan mengenai definisi kewirausahaan masnasih.com: Mengapa Saat Pertama Kali Membuat Program Selalu Digunakan Istilah “Hello World”? simak selengkapnya



masnasih.com - Bagi teman-teman yang bidangnya berkaitan dengan komputer -khususnya para programmer-, definit sudah tak asing lagi dengan kata “Hello World”. Yah, ini ialah dua bicara yang sering dijadikan contoh tampilan saat perdana kali membuat agenda atau belajar budi pemrograman.

Saya sendiri pernah menggunakannya saat belajar budi pemrograman pascal, delphi, C++, html, dan budi java.

Saya menggunakan kata tersebut bukan atas ide saya loh, tapi atas memang saat itu guru menampilkan contoh agenda yang outputnya memunculkan "Hello World" dan kami semua mengikutinya.

Mungkin atas berkelaluan diajarkan secara turun temurun, sehingga kata "Hello World" menjadi populer dan sering digunakan sampai saat ini.

Sejarah Istilah Hello Word

Pertanyaan yang Mungkin Muncul

Kebanyakan dari kita, definit bertanya-tanya akan segala apa sih alasan apa pasal “Hello World” berkelaluan digunakan saat perdana kali saya membuat program?

Kenapa bukan kata lain saja?

Kan banyak tuh, kata lain seperti Hello Handsome, You’re Good, Excellent atau yang lainnya.

Tapi apa pasal yang digunakan ialah kata Hello World?

Apa sih, yang menjadi insprasi sehingga kata itu digunakan?

Apakah atas saya baru perdana kali mencampuri dunia pemrograman?

Kenapa bukan Hello Coding saja?

Atau Hello Programmer?

Untuk mengetahui jawaban interogasi tersebut, maka saya akan menjelaskannya dalam postingan ini, berdasarkan referensi dari berbagai sumber yang ada. Jadi, tolong disimak baik-baik yah, biar kamu paham!

Apa Itu Hello Word?

Istilah “Hello World” perdana kali digunakan akibat Brian Kernighan pada tahun 1972. Ini dimulai saat Brian hendak membuat tulisan akan dokumentasi budi pemrograman BCPL (Basic Combined Programming Language). Pada saat itu beliau membuat contoh agenda "Hello World".

Berikut ini ialah script agenda Hello World perdana yang dibuat dengan budi pemrograman BCPL.

Hello Word 1

Seperti yang saya ketahui bahwa output yang dihasilkan dari budi pemrograman tersebut ialah “hello, world”.

Hello Word di dalam Bahasa B

Kemudian pada saat budi C telah berjaya dirilis, budi pemrograman BCPL akan datang lebih dikenal dengan budi B.

Tak jarang budi pemrograman BCPL ini sering dijadikan bahan lelucon dengan merubah kepanjangannya menjadi “Before C Programming Language” atau budi pemrograman sebelum C. Yah, meskipun sebenarnya nggak salah juga, sih. Hehe..

Hello Word dalam Dokumentasi "Programming in C: A Tutorial"

Dan ternyata tak sampai disitu saja. Pada saat penulisan dokumentasi untuk budi pemrograman C yang diterbitkan dengan judul “Programming in C: A Tutorial” pada tahun 1974, Brian Kernighan juga membukukan contoh agenda Hello World.

Script programnya kira-kira seperti ini :

Hello Word 2



Hello Word di Buku "The C Programming"

Kemudian satu tahun setelahnya, tepatnya pada tahun 1975, Brian Kernighan dan Dennis Ritchie melahirkan buku karangannya yang berjudul “The C Programming Language”. Sama dengan kasus sebelumnya, beliau juga menggunakan contoh Hello World.

Contoh scriptnya antara lain :

Hello Word 3



Hello Word Menurut Brian Kernighan 

Saat ditanyai apa pasal menggunakan kata tersebut?

Ia tak ingat pasti apa pasal beliau menggunakannya. Tetapi, berdasarkan hasil wawancara forbes India, beliau mengatakan bahwa saat itu ingatannya sedang suram dan yang ada dipikirannya hanyalah kartun yang menampilkan seekor telur dan anak ayam. Anak unggas itu mengatakan “Hello World!”

Kurang lebih kira-kira seperti itulah asal usul dan asal anjuran agenda Hello World.

Berdasarkan penjelasan diatas mungkin kamu sudah tahu kan, apa pasal Hello World sering digunakan saat perdana kali membuat agenda dan dari mana asal mula kata tersebut?

Penutup

Itulah penjelasan akan interogasi apa pasal Hello World yang berkelaluan dijadikan contoh saat perdana kali membuat program. Semoga segala apa yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman sekalian.

Untuk teman-teman yang ingin dan sedang kuliah di jurusan teknik informatika, tak usah terlalu takut dengan pemrograman. Karena, pemrograman bukanlah sesuatu yang patut ditakuti, tetapi layak ditaklukkan.

Dan bagi teman-teman lulusan S1 dan D3 teknik informatika yang masih bingun ingin bekerja dimana. Mungkin esai ini bisa membantumu : Lulusan S1 dan D3 Jurusan Teknik Informatika Bisa Kerja Dimana ?

Ditulis Oleh : Aldy Razor

Baca Artikel Arti Kata Lainnya

Sekian detil tentang masnasih.com: Mengapa Saat Pertama Kali Membuat Program Selalu Digunakan Istilah “Hello World”? semoga tulisan ini berfaedah terima kasih

Tulisan ini diposting pada label definisi kewirausahaan, arti kata santuy, arti kata selulosa,

Belum ada Komentar untuk "masnasih.com: Mengapa Saat Pertama Kali Membuat Program Selalu Digunakan Istilah “Hello World”?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel