masnasih.com: Pengertian Kaligrafi, Macam dan Model (Aliran Kaligrafi)

Hi, selamat malam di blog AUTOGOBLOOG , artikel ini akan menjelaskan tentang pengertian teks eksplanasi masnasih.com: Pengertian Kaligrafi, Macam dan Model (Aliran Kaligrafi) simak selengkapnya

masnasih.com - Berbicara tentang kaligrafi, maka aku flashback ke 10 tarikh yang lalu dimana aku lagi bersandar di bangku MTs / SMP. Kaligrafi menjadi cuilan dari pembelajaran di MTs aku tempo itu. Dan masuk ke dalam materi pelajaran Khat yaitu Kaligrafi Arab. Saya dulu sempat belajar kaligrafi kurang lebih satu tahun. Kaligrafi yang dipelajari bermacam-macam, lamun yang bisa aku tiru hanya beberapa kaligrafi. Mungkin karena proses yang aku jalani kurang maksimal. Baiklah saya bahas materinya saja.

Pengertian Kaligrafi, Macam dan Model (Aliran Kaligrafi)

Kaligrafi berasal dari bahasa latin yaitu kalios dan graf. Kalios artinya indah/bagus, sebaliknya graf artinya garis/batas. Jika digabungkan, maka kaligrafi akan berarti sebuah tulisan yang bagus/indah.

Untuk bisa membuat kaligrafi saya harus belajar sungguh-sungguh dan serius. Kaligrafi yang merupakan cuilan daripada seni jika diasah terus menerus akan menghasilkan ciptaan yang asing biasa. Jadi, belajar terus menerus dan rutin akan membuat jiwa seni saya terasah dan secara tak langsung akan bersatu dengan diri saya sehingga ciptaan kaligrafi yang saya buat akan menjadi asing biasa.

Macam dan Model (Aliran Kaligrafi)

Ada beberapa kaligrafi yang umum digunakan yaitu sebagai berikut.

1. Khot Naskhi

2. Khot Tsuluts

3. Khot Farisi

4. Khot Raikhani

5. Khot Diwani

6. Khot Diwani Jali

7. Khot Riq'i (Riq'ah)

8. Khot Khufi

Khat Naskhi

Ciri-ciri dan Cara Penulisan Khat Naskhi

1. Bentuk abjad tegak

2. Posisi kesudahan pena tegak (jika digoreskan ke bawah akan melatih garis tipis, dan jika digoreskan ke samping akan melatih garis tebal)

3. Bentuk tulisan terlihat lentur

4. Kata bagi kata ditulis horizontal di atas garis

5. Ukuran tinggi abjad alif, 1 alif sama dengan 5 titik.

6. Huruf-huruf yang bagiannya berada di bawah garis yaitu bagaikan ج، ح، خ، ر، ز، و، ع، غ، م، dsb.

7. Huruf ق، ف، و selalu berlubang (terbuka)

8. Huruf ع jika berada di antara atau di akhir harus penuh (tidak berlubang).

9. Huruf mim boleh berlubang dan tertutup.

Khat Riq'ah

Ada beberapa perbedaan antara khat naskhi dengan khat riq'ah dalam bangun dan cara menggoreskannya. Beberapa hal yang harus diperhatikan antara beda :

1. Bentuk abjad riq'ah lebih simple dan kaku; goresannya tak banyak meliuk.

2. Bentuk abjad agak miring

3. Posisi kesudahan pena miring (jika digoreskan ke bawah melatih garis tebal, dan jika digoreskan ke samping melatih garis tipis).

4. Kata demi kata ditulis tak horizontal di atas garis.

5. Ukuran tinggi abjad alif tiga titik.

6. Huruf س dan ش boleh tak bergigi.

7. Huruf و selalu penuh (tidak berlubang).

8. Ukuran pena agak datar.

Khat Tsuluts

Untuk mempelajari khat tsuluts terlebih dahulu harus mengetahui khat naskhi, karena dalam khat naskhi banyak kesamaan pada goresan/cara penulisan pada khat tsuluts. Adapun perbedaannya antara beda :

1. Bentuk abjad / tulisan lebih besar dan lebih gagah

2. Kata demi kata boleh ditulis bertumpuk

3. Ukuran tinggi alif 7 titik

4. Penulisan abjad ع selalu terbuka.

Di esai ini aku tak berikan contohnya. Mungkin nanti di beda kesempatan akan aku berikan contohnya jika ada kesempatan.

Demikianlah Pengertian Kaligrafi, Macam dan Model (Aliran Kaligrafi). Semoga bermanfaat.

Oke detil mengenai masnasih.com: Pengertian Kaligrafi, Macam dan Model (Aliran Kaligrafi) semoga tulisan ini bermanfaat terima kasih

Artikel ini diposting pada tag pengertian teks eksplanasi, definisi operasional, pengertian manajemen,

Belum ada Komentar untuk "masnasih.com: Pengertian Kaligrafi, Macam dan Model (Aliran Kaligrafi)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel