Pengertian dan Cara Install Node.js - DEVHOZ

Pengertian dan Cara Install Node.js - DEVHOZ

Hi, selamat pagi di blog AUTOGOBLOOG , pada kali ini akan membahas tentang blogo Pengertian dan Cara Install Node.js - DEVHOZ simak selengkapnya

nodejs

Buat kalian pengembang web, mungkin tidak aneh dengan bicara Node.js. Dan buat kalian yang baru terjun ke dunia programming, bisa memulai dengan memahami node.js. Apa sih node.js itu? Berdasarkan situs nodejs.org, “node.js adalah sebuah platform yang dibuat di arah JavaScript Runtime-nya Chrome“. Artinya kodingan yang kalian catat buat server hendak dieksekusi dengan cara yang mirip dengan ketika di browser.

Node.js telah digunakan akibat industri besar seperti Airbnb, LinkedIn, Walmart, Uber, dan bahkan NASA dalam produksi mereka. Sekarang industri kecil pun sudah menerapkan atau memanfaatkan node.js buat membabarkan bisnisnya.

Meski sudah ada langkah instalasi node.js di websitenya Node.js. Kita hendak jelaskan langkah-langkah singkat cara install Node.js buat Windows, Mac, dan Linux.

Instalasi Node.js di Windows

Kalian cukup mengunduh installer yang telah disediakan buat Windows. Buka halaman download Node.js dan klik tautan unduhan buat Windows Installer. Jalankan installer dan ikuti panduannya seperti menginstal aplikasi lainnya pada Windows.

Instalasi Node.js di Mac OS

Sama seperti windows, Kalian cukup mengunduh installer yang telah disediakan buat Mac OS. Buka halaman download Node.jsdan klik tautan unduhan buat Macintosh Installer. Jalankan installer dan ikuti panduannya seperti menginstal aplikasi pada umumnya.

Instalasi Pada Linux berbasis Ubuntu dan Debian

Untuk instalasi di Ubuntu, lebih encer menggunakan Package Manager. Langkah-langkah berikut dapat diterapkan pada Ubuntu 14.04 LTS ke arah dan Debian 8 ke atas. Selain itu juga dapat diterapkan pada distribusi turunannya seperti Linux Mint 17, Elementary OS Freya dan Trisquel 7.

Pada depo jalankan amanat berikut:

curl -sL https://deb.nodesource.com/setup_4.x | sudo -E bash -

sudo apt-get install -y nodejs

sudo apt-get install -y build-essential

Ada juga buat instalasi di distribusi linux lainnya, Kalian bisa merujuk ke laman panduan instalasi langsung di website Node.js disini.

Cek Hasil Instalasi

Untuk memastikan Node.js sudah terinstal dengan baik dan sudah terdaftar di path (untuk Windows), buka jendela baru depo atau cmd lalu ketikkan amanat berikut:

node -v

npm -v

Kedua amanat di arah berfungsi buat mengecek nomor ala  node.js dan npm. Apabila nomor ala muncul maka itu artinya node.js dan npm sudah siap digunakan.

Mudah sekali bukan? Kalian boleh coba cara install node.js ini buat menambah pengetahuan programming kalian.

Sekian penjelasan tentang Pengertian dan Cara Install Node.js - DEVHOZ semoga info ini berfaedah terima kasih

Artikel ini diposting pada label blogo, https://www.blogger.com/,

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Cara Install Node.js - DEVHOZ"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel