Perlukah Mengompres Anak yang Demam?

Perlukah Mengompres Anak yang Demam?

Hallo, berjumpa kembali di blog AUTOGOBLOOG , artikel ini akan membawa pembahasan mengenai kesehatan mata Perlukah Mengompres Anak yang Demam? simak selengkapnya

Liputan6.com, Jakarta Saat demam melanda, kita terbiasa untuk mengompres pada bagian dahi. Hal ini jua banyak dilakukan orangtua ketika ananda demam. Namun, banyak orangtua yang masih bingung, baiknya menggunakan cairan kompresan dingin ataupun pesam ya?

"Netralnya adalah kompres dengan cairan biasa, tidak pesam ataupun dingin," kata dokter spesialis ananda konsultan Nina Dwi Putri.

Meski begitu, Nina menjelaskan bahwa sebenarnya secara medis tidak ada antagonisme yang signifikan mengompres ananda ataupun tidak.

"Sebenarnya secara keilmuan, tidak ada antagonisme dikompres ataupun tidak. Tapi kalau orangtua memang memilih untuk mengompres, gunakanlah cairan dengan suhu normal saja," imbuh Nina pada Instagram Live Ikatan Dokter Anak Indonesia jumlah waktu lalu.

Nina jua beri tahu untuk menghindari mengompres dengan cairan pesam maupun dingin. Bila mengompres menggunakan cairan hangat, bisa sahaja suhu tersebut terlalu panas untuk anak.

"Bisa sahaja buat kita tidak hangat, tapi pada ananda malah menyebabkan luka bakar," kata Nina.

Rexona Dry Serum Exclusive Launch

Kapan melahap obat penurun demam?

Selain mengompres, orangtua biasanya akan memberikan obat penurun panas ketika ananda mengalami demam. Ternyata, tidak semua ananda gerah perlu diberi obat penurun panas.

"Kalau anaknya masih aktif, masih bisa lari-lari, main, dengan tidak menolak dikasih makan ataupun minum tidak perlu diberikan obat," kata Nina.

Demam sebenarnya bukanlah musuh bagi tubuh, melainkan teman. Karena gerah secara alami berfungsi untuk membunuh kuman yang ada pada tubuh. Tubuh akan mempertahankan diri dengan mencegah kuman yang akhirnya menyebabkan peningkatan suhu tubuh.

"Tetapi pada ananda yang memang ada penyakit bawaan, kelainan jantung bawaan misalnya, harus segera dikasih obat. Dengan catatan, suhunya harus di atas 38 derajat Celsius," kata Nina.

Penulis: Diviya Agatha

Loading

Anak Demam, Kapan Harus ke Dokter?

Saran Psikolog agar Si Kecil Tak Rewel Saat Demam

Oke pembahasan perihal Perlukah Mengompres Anak yang Demam? semoga artikel ini bermanfaat salam

Artikel ini diposting pada label kesehatan mata, healthy living, healthy choice,

Belum ada Komentar untuk "Perlukah Mengompres Anak yang Demam?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel