Tips Jitu dan Cara Meredakan Marah

Hi, berjumpa kembali di blog AUTOGOBLOOG , artikel ini akan dibahas mengenai bloggingpro wordpress theme Tips Jitu dan Cara Meredakan Marah simak selengkapnya

Tips jitu dengan cara mendinginkan ataupun meredam marah harus diketahui siapa saja terbabit pembaca setia Materi Dakwah Islam dengan Kultum. Karena dengan mengetahui tips dengan caranya akan meningkatkan daya menahan marah yang manfaatnya sangat besar itu. Apalagi bila cara meredam dengan mendinginkan marah itu dari Rasulullah (Nabi) Muhammad saw.

Ada tips dengan cara jitu di mendinginkan dengan meredam marah yang diberikan akibat Rasulullah, yaitu : ber-isti’adzah (berlindung) kepada Allah, berwudhu, diam dengan menahan diri, duduk dengan berbaring, serta berdo’a ataupun membaca do’a ketika marah.

Marah yang kita bersahaja tentu sedia penyebabnya. Dan di antara sebab-sebab marah merupakan sebagai berikut :

  1. bawaan ataupun fitrah, ataupun tabi’at
  2. merasa tak sebanding dengan anak buah lain, sombong dengan tinggi hati
  3. egois dengan berlebihan mencintai diri sendiri serta ujub
  4. perselisihan dengan pertengkaran yang berlarut-larut seakan tanpa ujung
  5. saling tuduh dengan curiga serta berburuk sangka
  6. saling merendahkan, mengejek, menghina dengan majurhkan satu dengan yang lainnya.

Tips dengan cara jitu di mendinginkan dengan meredam marah yang disajikan akibat blog catatan kang sodikin merupakan berdasarkan hadits Rasulullah saw :

1. beristi’adzah kepada Allah

عنْ سُلَيْمانَ بْنِ صُرَدٍ رضي اللَّه عنهُ قال : كُنْتُ جالِساً مع النَّبِي صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم، ورجُلان يستَبَّانِ وأَحدُهُمَا احْمَرَّ وَجْهُهُ وانْتفَخَتْ أودَاجهُ فقال رسولُ اللَّه صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم : « إِنِّي لأعلَمُ كَلِمةً لَوْ قَالَهَا ذَهَبَ عنْهُ ما يجِدُ ، لوْ قَالَ : أَعْوذُ بِاللّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ ذَهَبَ عنْهُ ما يجدُ . فقَالُوا لَهُ : إِنَّ النَّبِيَّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قَالَ : «تعوَّذْ بِاللهِ مِن الشَّيَطان الرَّجِيمِ »

"Sulaiman bin Shurad ra. Berkata : aku duduk bersama Nabi saw saat sedia dobel anak buah saling mencaci dengan salah seorang memerah mukanya dengan mengembang urat-urat lehernya. Maka Rasulullah bersabda : sungguh aku tahu satu kalimat yang andaikan dibaca seseorang maka akan hilang apa yng dijumpainya. Sekiranya membacaاعوذ بالله من الشيطان الرجيمmaka hilanglah apa yang dijumpainya. Maka mereka berkata kepadanya : sesungguhnya Nabi saw bersabda : berlindunglah kepada Allah dari syaitan yang terkutuk" (HR. Bukhari)

2. berwudlu

عَنْ عَطِيَّةَ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم إِنَّ الْغَضَبَ مِنَ الشَّيْطَانِ وَإِنَّ الشَّيْطَانَ خُلِقَ مِنَ النَّارِ وَإِنَّمَا تَطْفَأُ النَّارُ بِالْمَاءِ فَإِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَتَوَضَّأْ

"Rasulullah saw bersabda: sesungguhnya marah merupakan dari syaitan, syaitan diciptakan dari api, dengan api padam dengan air. Maka jika satu di antaramu marah harusnya berwudlu." (HR. Abu Dawud)

3. Diam dengan menahan diri

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ : قَالَ رَسُولُ الله صَلَّى الله عَلَيه وسَلَّم : عَلِّمُوا وَيَسِّرُوا وَلاَ تُعَسِّرُوا - قَالَهَا ثَلاَثًا - فَإِذَا غَضِبْتَ فَاسْكُتْ

"Rasulullah saw bersabda : ajarlah, permudahlah dengan jangan mempersulit (diucapkan 3 X). apabila engkau marah maka diamlah" (HR. Dawud)

4. duduk dengan berbaring

عن أبي ذر قال إن رسول الله صلى الله عليه وسلم قَالَ لَنَا ثُمَّ إِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ وَهُوَ قَائِمٌ فَلْيَجْلِسْ فَإِنْ ذَهَبَ عَنْهُ الْغَضَبُ وَإِلاَّ فَلْيَضْطَجِعْ

Rasul bersabda : bila satu di antaramu marah saat berdiri maka duduklah maka lenyaplah marahnya. Dan jika tak lenyap maka berbaringlah. (HR. Bukhari)

Sedangkan do’a yang harus dibaca saat dengan ketika marah merupakan sebagai berikut :

اَللهَمَّ اذْهَبْ عَنِّيْ غَيْظَ قَلْبِيْ وَاغْفِرْ لِيْ ذَنْبِيْ وَأَجِرْنِيْ مِنْ مَضَلاَتِ الْفِتَنِ ، أَسْأَلُكَ بِرِضَاكَ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ سَخَطِكَ ، أَسْأَلُكَ جَنَّتَكَ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ نَارِكَ ، أَسْأَلُكَ الْخَيْرَ كُلَّهُ وَأَعُوْذُ بِكَ مَنَ الشَّرِّ كُلِّهِ ، اَللهُمَّ ثَبِّتْنِيْ عَلٰى الْهُدٰى وَالصَّوَابَ وَاجْعَلْنِيْ رَاضِيًا مَرْضِيًا غَيْرَ ضَالٍّ وَلاَ مُضَلٍّ

Artinya : “Ya Allah, hilangkan dariku hati yang suka marah dengan ampunilah dosa-dosaku dengan jauhkanlah aku dari fitnah yang menyesatkan. Aku berharap kepada-Mu ridha-Mu dengan aku berlindung kepada-Mu dari murka-Mu, dengan aku berharap kepada-Mu akan surga-Mu dengan aku berlindung kepada-Mu dari neraka-Mu. Aku berharap kepada-Mu akan segala kebaikan dengan aku berlindung kepada-Mu dari segala belang dengan kejahatan. Ya Allah, teguhkanlah aku di petunjuk dengan kebenaran. Dan jadikanlah aku anak buah yang ridha akan (qadla dengan qadar-Mu) dengan diridhai (oleh-Mu)”

Atau do’a yang lebih pendek :

للَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي وَأَذْهِبْ غَيْظَ قَلْبِي وَآجِرْنِي مِنْ الشَّيْطَانِ

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dosaku, hilangkanlah kemarahan hatiku, dengan jagalah aku dari godaan setan"

Demikian tips Jitu dengan Cara Meredakan Marah, semoga bermanfaat.

Oke detil tentang Tips Jitu dan Cara Meredakan Marah semoga info ini menambah wawasan salam

Tulisan ini diposting pada label bloggingpro wordpress theme, tips belajar efektif,

Belum ada Komentar untuk "Tips Jitu dan Cara Meredakan Marah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel