Waspada, Risiko Kecacatan Akibat Hipertensi

Waspada, Risiko Kecacatan Akibat Hipertensi

Allow, selamat pagi di blog AUTOGOBLOOG , pada kali ini akan membahas mengenai healthy choice Waspada, Risiko Kecacatan Akibat Hipertensi simak selengkapnya

Liputan6.com, Jakarta Risiko kecacatan akbat tekanan keturunan tinggi (hipertensi) patut diwaspadai. Hipertensi bisa berjalan pada faksi hayat 31-44 tahun (31,6 persen), hayat 45-54 tahun (45,3 persen), hayat 55- 64 tahun (55,2 persen)

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) 2018 Kementerian Kesehatan, jumlah kasus hipertensi di Indonesia sama banyaknya 63.309.620 orang. Angka akhir hayat akibat hipertensi sebesar 427.218 kematian.

"Jika hipertensi tidak dikelola dengan baik, bukan hanya faktor efek akhir hayat yang dapat terjadi, tapi jua meningkatnya efek kecacatan yang ditandai berkembangnya penyakit dengan kerusakan alat penting. Misalnya, hipertensi dapat menyebabkan sekitar 50 persen stroke iskemik (penyumbatan) jua meningkatkan efek stroke hemoragik (perdarahan)," demes Ketua Umum Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia (PERHI) Tunggul D Situmorang kepada Health Liputan6.com melalui keterangan tertulis, ditulis Kamis (19/9/2019).

Sebagian besar pasien berterus terang tidak memafhumi dirinya telah menderita tekanan keturunan tinggi. Ini akibat seringkali hipertensi tidak ada muncul gejala. Oleh akibat itu, hipertensi sering disebut sebagai pembunuh senyap (silent killer).

Hipertensi merupakan faktor efek terhadap kerusakan alat penting bagai otak, jantung, ginjal, mata, pembuluh keturunan besar (aorta) dengan pembuluh keturunan tepi.

Hipertensi dengan Stroke

Stroke adalah penyebab utama akhir hayat dengan kecacatan jangka bujur yang parah. Pasien yang mengalami stroke jua memiliki riwayat hipertensi. Ketika berjalan tekanan keturunan tinggi akan merusak arteri di seluruh tubuh.

"Kondisi ini menciptakan arteri menjadi tebal dengan bangkar lantas pecah atau berjalan penyumbatan-penyumbatan. Hal ini berjalan jua pada pembuluh-pembuluh keturunan di otak akibat tekanan keturunan tinggi sehingga akan memperparah efek stroke jauh lebih tinggi," lanjut Tunggul.

Seseorang dikatakan menderita hipertensi apabila memiliki tekanan keturunan sistolik lebih dari 140 mmHg dengan tekanan keturunan diastolik lebih dari 90 mmHg. Kondisi itu sedikitnya 3 kali pengukuran dengan cara dengan alat yang benar selang waktu satu menit.

Tunggul jua menganjurkan untuk mengulang-ulang pengukuran tekanan keturunan pasien sendiri di rumah (Home Blood Pressure Monitoring/HBPM). Jika tidak ada alat pengukur tekanan darah, seseorang bisa datang ke fasilitas kesehatan yang mengukur tekanan keturunan dengan alat khusus (Ambulatory Blood Pressure Monitoring/ABPM).

"Pasien kudu memahami bahwa hipertensi primer tidak dapat pulih total, tapi bisa dikendalikan tetap normal secara total,” lanjut Tunggul.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Ahli Nutrisi dari Nutrifood Aldis Ruslialdi SKM menjawab beberapa pertanyaan tentang hipertensi dengan penggunaan garam sehari-hari

Saksikan jua film beserta ini:

Rexona Dry Serum Exclusive Launch

Begitulah detil perihal Waspada, Risiko Kecacatan Akibat Hipertensi semoga tulisan ini menambah wawasan salam

Tulisan ini diposting pada label healthy choice, kesehatan adalah, healthy lifestyle,

Belum ada Komentar untuk "Waspada, Risiko Kecacatan Akibat Hipertensi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel