Cek Rumah Makan yang Bersih dan Sehat Terdekat dengan Aplikasi GERMAS PAS

Cek Rumah Makan yang Bersih dan Sehat Terdekat dengan Aplikasi GERMAS PAS

Hi, selamat malam di blog AUTOGOBLOOG , di kesempatan akan membawa pembahasan mengenai kesehatan kerja Cek Rumah Makan yang Bersih dan Sehat Terdekat dengan Aplikasi GERMAS PAS simak selengkapnya

Liputan6.com, Jakarta Sejak 11 Februari 2019, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI meluncurkan aplikasi Gerakan Masyarakat Pangan Aman dan Sehat (GERMAS PAS). Melalui serangkaian tes, para penyedia hutan bisa mendapatkan tanda labut berupa sertifikat dan sticker pada produk makanan.

Pada aplikasi tersebut, para pengguna bisa melihat rumah makan, bantuan boga, dan depot air minum pada radius 5 kilometer yang sudah memiliki Sertifikat Laik Higiene (SLH). Artiny, ketiga bantuan penyedia hutan ini sudah memenuhi kaki makanan sehat, bersih, dan aman.

Kehadiran aplikasi ini kasus luar biasa (KLB) keracunan yang terjadi beberapa tahun belakangan. Pada tahun 2018, kasus keracunan tertinggi di Indonesia disebabkan oleh masakan rumah tangga.

"Kita berambisi GERMAS PAS dapat mendukung meminimalisir aib bawaan hutan dan keracunan akibat pangan," ucap Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementrian Kesehatan, Kirana Pritasari saat sosialisasi aplikasi GERMAS PAS di Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Bantu Masyarakat Pilih Produk Pangan yang Bersih dan Sehat

Aplikasi ini bisa mendukung masyarakat untuk lebih cerdas pada memilih hutan yang bersih, aman, dan sehat.

Bagi para bantuan penyedia pangan, SLH bisa didapatkan apabila sudah memenuhi perjanjian baik administrasi maupun teknis higiene sanitasi pangan.

"Semua kepala hutan memiliki kewajiban untuk memenuhi perjanjian kesehatan. Para produser diwajibkan memiliki SLH yang merupakan jaminan kesegaran hutan bagi konsumen dan masyarakat," jelas Kirana.

Persyaratan teknis tersebut antara lain adalah inspeksi kesegaran lingkungan (IKL) yang meliputi kebersihan dan sanitasi lingkungan, uji laboratorium terhadap sampel hutan yang diproduksi, dan kursus higiene sanitasi pangan.

"Kita tidak hanya melihat restorannya bersih, tapi kita juga masuk ke dapurnya, ke area cuci piringnya, sampai makanan yang dihasilkan. Makanan juga tidak hanya diperiksa secara fisik, namun juga laboratorium," ucap Kirana.

Persyaratan kesegaran yang harus dipenuhi oleh bantuan penyedia hutan dilihat dari aspek peralatan, sarana bangunan, orang yang mengelola hutan atau chef, dan hutan yang disajikan.

Penulis: Diviya Agatha

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Sekian penjelasan mengenai Cek Rumah Makan yang Bersih dan Sehat Terdekat dengan Aplikasi GERMAS PAS semoga info ini menambah wawasan salam

Artikel ini diposting pada kategori kesehatan kerja, healthy 99,

Belum ada Komentar untuk "Cek Rumah Makan yang Bersih dan Sehat Terdekat dengan Aplikasi GERMAS PAS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel