Sakit Radang Tenggorokan Bisa Sebabkan Penyakit Jantung Reumatik?

Sakit Radang Tenggorokan Bisa Sebabkan Penyakit Jantung Reumatik?

Allow, bertemu kembali di blog AUTOGOBLOOG , artikel ini akan membawakan tentang kesehatan lingkungan Sakit Radang Tenggorokan Bisa Sebabkan Penyakit Jantung Reumatik? simak selengkapnya

Liputan6.com, Banten Peradangan di tubuh bila tidak diobati dengan benar dan tuntas, bisa menyebabkan penyakit jantung reumatik (rheumatic heart disease/RHD). Ketika kondisi tersebut tidak tertangani dengan benar bisa menimbulkan gagal jantung yang berakibat kematian.

"Ini bukan reumatik pada sendi ya melainkan katup jantung mengalami gangguan akibat jalan peradangan yang awalnya tidak tertangani dengan benar atau dengan tuntas," ujar dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Ario Soeryo Kuncoro, saat ditemui di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten usai konferensi pers Annual Scientific Meeting of the Indonesia Heart Association (Asmiha) ke 28.

Peradangan ini berlaku berkali-kali pada tubuh, salah satunya berakar dari geram koroh akibat bakteri Streptococcus tipe A. Biasanya, ini berlaku saat anak-anak usia sekolah SD sampai SMP.

Karena berlaku berulang-ulang, ditambah jalan penyembuhan yang tidak tuntas, menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Sehingga bakteri tersebut melajang katup jantung.

"Ini yang bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang. Terlebih, biasanya akan baru disadari dan gangguan berlaku ketika sudah berusia 20 sampai 30 tahun," jelas Ario.

Gejala: Gampang Sesak Napas dan Mudah Lelah

Biasanya gangguan yang datang adalah gampang ketang napas, enteng lelah, hingga nyeri pada dada. Bila sudah begini, dokter akan menelaah dan menangani sesuai tingkat kerusakan katup jantung.

"Penanganannya sudah pasti berbeda, ada yang katup bocor atau penyempitan, akan dilihat akibat dokter yang menangani," tuturnya.

Di Indonesia, kasus penyakit jantung reumatik ini lagi sering ditemukan. Angkanya lagi tinggi, hal ini alasan tidak adanya deteksi dini pada saat peradangan awal terjadi.

Berbeda dengan negara Asia lainnya, yang kasus seperti ini sudah serau terjadi.

"Untuk Singapura dan Malaysia bisa 0, atau hampir tidak ada. Sebab deteksi dininya yang dilakukan dengan baik," tutur Ario.

Sehingga, jangan meremehkan ketika gejala geram koroh menyerang. Lalu, biasakan batuk untuk menutup mulut, mencegah penularan bakteri via air liur. "Serta hidup sehat, gemar berolahraga dan perhatikan asupan makan," ujarnya. 

Rexona Dry Serum Exclusive Launch

Begitulah pembahasan tentang Sakit Radang Tenggorokan Bisa Sebabkan Penyakit Jantung Reumatik? semoga info ini berfaedah terima kasih

Tulisan ini diposting pada kategori kesehatan lingkungan, kesehatan gigi dan mulut,

Belum ada Komentar untuk "Sakit Radang Tenggorokan Bisa Sebabkan Penyakit Jantung Reumatik?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel